blog ini sya buat hnya ingin mnambah pengtahuan anda dlam bidang komputer.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by muhammad furqon - - 1 komentar

Kediri - Meski sekolah jurusan IPS, namun belajar tentang IPA mengantarkan Ahmad Faisal Amin siswa kelas 12 SMA 2 Kota Kediri meraih medali emas Bidang Geologi Tingkat SMA pada Olimpiade Sains Nasional(OSN) 2011 di Manado, Sulawesi Utara.

Olimpiade digelar 11 - 16 september 2011 lalu. Faisal mampu mengalahkan 90 siswa terpilih dari perwakilan seluruh Indonesia yang diadu pengetahuannya tentang masalah Geologi meliputi bidang Meteorologi, Osionografi, biologi dan astronomi.

"Dalam OSN kemarin, bobot ujian tulis mencapai 70 persen dan praktek memiliki bobot 30 persen, namun untuk bidang Osionografi atau kelautan hanya ada ujian tulis karena keterbatasan peralatan," jelas Faisal kepada detiksurabaya.com di ruang laboratorium fisika SMA 2 Kota Kediri, Sabtu (17/9/2011).

Faisal mengaku saat perlombaan sains, setiap peserta bidang Geologi dituntut melakukan pengamatan lapangan dan pengamatan menggunakan alat peraga.

"Pengamatan dengan peraga, peserta diminta mengidentifikasi sample batuan, kita dituntut bisa menjelaskan jenis tekstur batu, jenis patahan, bahkan termasuk jenis batu fosil. Selain itu ada pengamatan mural atau warna dan identifikasi KCL menentukan jenis mineral pada bebatuan," terang Faisal.

Sementara di bidang meteorologi peserta dibawa ke laboratorium untuk menyebutkan nama-nama peralatan yang berada dalam laboratorium.

Anak pasangan Sucipto dan Siti Maryam warga Desa/Kecamatan Gurah ini mampu
mempresentasikan dengan sempurna dihadapan para guru dan wartawan tentang berbagai jenis bebatuan di ruang Laboratorium Fisika sekolahnya.

Menurut Faisal Amin, mempelajari ilmu tentang geologi dengan memahami karakter semua jenis batu sangat penting. Apalagi untuk Indonesia yang secara geografis letaknya pada wilayah rawan bencana gempa bumi.

One Response so far.

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Leave a Reply